Selasa, 26 Juni 2012

catatan perjalanan Tafakkur Alam 23 2012




Perjalanan Penuh Cinta…

Bismillahirahmanirahim…..
Sebuah perjalanan dakwah yang kami rintis bersama teman sejati dalam perjuangan dakwah menuju Ridha sang Ilahi. Mengajarkan aku akan pentingnya sebuah kesabaran akan pentingnya arti sebuah kerja sama akan pentingnya arti sebuah keistiqomahan...


Hatiku yang memilih perjalanan ini, perjalanan yang tidak mudah, penuh dengan lika liku setiap kami melangkah..tapi tangan para sahabat sejati merangkul ku untuk tetap berada dalam lingkaran dekapan ukhuwah hingga aku bersama mereka teman sejati mampu melewati ini semua...
Aku ingin menjadi sosok lebah yang rela mengorbankan hidupnya setelah dia memberikan manfaat untuk orang lain...aku ingin menjadi seperti cahaya lilin malam yang tetap bersinar di dalam kegelapan..aku ingin perjalanan ini tidak akan usai walau di makan zaman..perjalanan ini akan selalu aku rindukan…
Aku ingin menikmati perjalanan panjang ini bersama teman sejati...aku ingin merasakan lelahnya bersama mereka…aku ingin menunjukkan perjalanan ini penuh dengan cinta mereka karena ALLAH…
Inilah kisah kami dalam perjalanan penuh cinta..
Kami anak Rohis, yang manis manis,terkadang puitis tetapi kritis dan dinamis..hehe yang pasti narsis abis:D

Jakarta,22-24 juni 2012..
Agenda terbesar di mulai dengan memulai bismilahirahmanirrahim..
Kegiatan Tafakkur Alam Rohani Islam 23 Akhirnya terwujud...dalam pelaksanaan Tafakkur Alam ini ALHAMDULILLAH bisa di bilang masuk buku rekor..dengan jumlah peserta yang tidak biasa dari tahun tahun sebelumnya mencapai 140 peserta..dan belum termasuk para alumni dan panitia..SUBHANALLAH LUAR BIASA BANYAK..kegiatan tersebut tidak akan berhasil terlaksana kalau bukan para pembina dan panitia yg SUBHANALLAH SUPER DUPER HEBAT dan para alumni yang turut mensupport kami semua
..
Ali al-alawi.S.HI :Sosok ayah sekaligus pembina Rohis yang biasa di panggil dengan sebutan ‘’BABEH ‘’ oleh kami adalah sosok ayah yang begitu penyayang dan bijak dalam setiap mengambil keputusan. di dalam keseriusannya terkadang beliau selingi dengan canda tawa yang membuat kami semakin akrab dengan beliau selayaknya seorang sahabat..beliau yang selalu mensuport kami di kala lelah datang..beliau mengerti apa yang kami rasakan dan selalu mendengarkan keluh kesah kami dalam perjalanan dakwah ini...
Berjalannya Tafakkur alam ini dengan sukses tentunya tidak luput dari sosok ketua pelaksana yang HEBAT..M.Rival.Ferdian Ketua pelaksana yang satu ini menjabat sebagai sie Rohis di Osis dan sebagai ketua pelaksana Tafakkur Alam..SUBHANALLAH sungguh tidak mudah menjalankan dua amanah yang begitu besar...menyita tenaga, pikiran,waktu…terkadang rasa lelah itu membuat emosi memuncak tapi di balik itu semua sosok Rival ialah sosok yang bertanggung jawab akan tugasnya..acara Tafakkur alam ini membutuhkan dana yang tidak sedikit..sosok Rival rela berkorban mencari dana tambahan dengan MENGAMEN di jalan tanpa sepengetahuan para panitia lainnya...uang sebesar 10.000,- berhasil di dapat tidak seberapa memang hasilnya tapi bagi kami itulah hasil terbesar yang kami raih karna penuh dengan rasa cinta dan keikhlasan yang dy lakukan...
Dalam sebuah organisasi seperti Rohis juga tentunya ada ketuanya dan ketua rohis kami ini yang bisa di bilang sangat bijak kalau sedang berbicara..Hibatul Wafi ialah sosok ketua rohis yang mengayomi para panitia Tafakkur Alam lainnya agar tidak mudah patah semangat…dan masih banyak sosok panitia yang super hebat seperti M.Yasser, Hamdy R ,Egha,Austin,Tina Fitridayanti,Nurul Hardiani,Ria Dwi Anggaraini,Sari Murni Handayani,Nur hayati,Novieka Istari,Iis Herawati,khansa khaerunnisa..sebenarnya masih banyak lagi seperti maida wahyuningsih,riska septiani,itfi Amelia wardani yang sayangnya tidak turut mengikuti perjalanan Tafakkur alam ini yang akan selalu di rindukan...
Sosok seorang kakak sangat penting bagi adik adik nya yang terkadang masih salah menentukan arah dalam perjalanan panjang ini terimakasih untuk para kakak alumni yang telah membantu suksesnya acara Tafakkur alam ini..
Kak M.Syarif.Hidayat,Kak pompi,kak egy subentara,kak suhlani juan,kak moh.prasetyo hardadi,kak rohyadi,kak wahyu,kak rosi,kak anissa syahrunia,kak lathifa wati hikmah,kak anissa H.P,kak aulia pratiwi,kak tia,kak antika fajriani..
Sosok terang kalian mampu menunjukkan cahaya di dalam kegelapan ketika kami tersesat didalam gelapnya gulita malam..cinta Murabbi kalian mengajarkan kami akan pentingnya sebuah semangat dalam menggapai tujuan mengajarkan kami akan pentingnya bagaimana menjadi sosok kakak yang baik untuk adiknya,,tetap terus berada di smaping kami walau terkadang kami membuat kalian kecewa. Kalianlah sosok pemuda pemudi yang menempuh jalan yang haq dan mengemban misi kebenaran yang akan di wariskan untuk kami semua..
Dalam perjalanan ini tidak hanya lurus saja..tikungan kami lewati,rasa sedih susah senang gado gado rasanya hehe...
Persiapan demi persiapan kami lakukan untuk suksesnya acara Tafakkur Alam ini..tenaga terkuras..rasa kesal juga terkadang membludak di saat emosi mulai memuncak karna rasa lelah (namanya juga labil) hehe..^-^..awal permulaan pembuatan proposal dengan mengajukan dana yang tidak mudah mendapatkannya..membuat mengelus dada kami semua karna ada hal yang membuat kami kecewa dengan hasil proposal yang telah di ACC..tapi kami semua para panitia tidak patah semangat akan hal ini..KOMITMEN kami..TETAP JALAN WALAU BATU BESAR MENGHADANG..kami pun berusaha menghubungi para sponsor untuk mencari dana tambahan seperti baziz,indosat,rabbani,mandiri dan tidak lupa terimakasih sekali untuk sie departemen musholla kami sekaligus menjabat sebagai ketua osis di sekolah yang sudah menjadi salah satu donatour(bajaj). abang adit triyadi.awal pertama pencarian dana menuju Baziz..kantor baziz yang kami datangi ternyata eh ternyata kami salah mengunjungi kantor baziz harusnya kami mengunjungi kantor baziz pusat wali kota rasa lelah mulai terasa tapi kami tetap semangat..dan pada akhirnya baziz pun resmi menjadi sposonsor begitupun dengan indosat..akan tetapi sayangnya rabbani,dan mandiri tidak berhasil kami raih mungkin belum rezeki kali ya hehe...
Dalam pencarian dana tidak hanya dari sponsor saja tapi kami melikbatan para alumni..puluhan para alumni kami hubungi walaupun hanya segelintir saja yang merespon (sedih sekali) tapi kami berterimakasih untuk para alumni yang sudah turut berperan dalam kegiatan ini baik fisik maupun hal lainnya..oia selain itu ada yang tau ga selama pengumpulan dana Tafakkur alam kami juga punya ide ide kreatif nih kami berjualan makanan  di sekolah dengan di bantu oleh adik adik kelas rohis kami yang di sponsori oleh para akhwat..alhamdulillah lumayan hasilnya..tidak kehabisan akal kami pun membuat kupon infaq tafakkur alam Alhamdulillah banyak peminatnya...
Setelah dana terkumpul..pendataan peserta pun di mulai..tapi sebelum lanjut ke cerita itu ada sedikit cerita waktu pembelian bahan slayer nih...Berawal modal nekad,kantong kering,cuaca panas iis herawati,nurul hardiani,ria dwi anggaraini trio akhwat ini pergi ke pusat perbelanjaan TA  (bukan TAMAN ANGGREK ) tapi TANAH ABANG lohh..Biar kerenan dikit hehe pencarian bahan slayer tatap mata elang tajam mulai menjelajahi toko demi toko tawar menawar pun terjadi dengan modal kata ‘’ ayo bang murahin itung itung amal,kami doain rezekinya nambah segunung’’ hehe akhirnya kami pun mendapatkan harga yang bisa di bilang cukup murah..panas terik matahati  memuncak tongpes(kantong kemps) sisa uang tinggal untuk ongkos akhirnya satu botol aqua untuk bertiga disinilah kami merasakan indahnya ukhuwah...
Proses pendataan peserta pun di mulai..pamflet sudah di sebar melalui madding dan social network dan spanduk telah di pasang..pendaftaran pun di buka setelah ujian akhir sekolah usai..kelas demi kelas kami kunjungi (kaya kunjungan turis ) terkadang ada yang merespon pembicaraan kami di depan tapi terkadang juga ada yang mengabaikannya…SYUTING demi SYUTING kami laksanakan hampir setiap malam dan semprotan(bukan air tapinya) dari orang tua karena pulang malam sudah menjadi bagian hidup kami..itu semua ramuan ramuan cinta yang membuat perjalanan ini terasa indah dan akan selalu di rindukan..

Pada akhirnya jum’at 22 juni 2012..acara Tafakkur Alam pun di mulai..
Para panitia datang menuju sekolah pukul 06.00 wib (walaupun ada yang ngaret) soalnya pakenya jam karet hehe..dan para peserta datang ke sekolah pukul 06.30..registrasi pun di mulai dengan penanggung jawab Ria dwi anggraini dan Austin..setelah registrasi pertama dan paling utama pembukaan oleh bpk pembina rohis Ali al alawi S.HI..dan pelepasan oleh DRS.Obsater Marbun..
Pembagian bis pun di mulai..,ikhwan di tronton dan akhwat di bis..
Selama perjalanan banyak yang narsis (photo-photo),bercanda tawa,dan ada juga yang tidur karna perjalanan jauh..setibanya di tempat tujuan tapi belum nyampe deh kami di kejutkan dengan berita tidak enak bis yang kami naiki terlalu besar sehingga tidak muat untuk menanjak jalan menuju puncak atas yang cukup jauh suara keluhan para peserta pun mulai terdengar..(kasian yang bawa barang barang banyak )..nah ini baru sampai di villa..villa kartika namanya tempatnya di cilember bogor..kami pun beristirahat sejenak menikmati udara puncak lalu pembagian kelompok dan kamar setelah itu kumandang adzan dzuhur mulai terdengar untuk yang ikhwannya melaksanakan sholat jumat dan yang akhwat makan siang lalu sholat dzuhur…
Kegiatan tidak berhenti di situ setelah shalat ashar ada TM (training motivasi ) yang bertema MAN JADDA WAJADA keren kaaaann ! :D  yang di bawakan oleh trainer senior bpk arif dahsyat..ada satu kata yang selalu di ingat dari beliau ‘’Selama itu tidak dosa,tidak masuk penjara,tidak di tangkap polisi,LAKUKANLAH’’ SUPEER..:D malam harinya kegiatan di isi oleh mentoring oleh para murrabi…yang bertema ukhuwah islamiah..sebelum mentoring pertama di awali dengan ta’aruf dan ta’fahum…oia ada kisah menarik nih tentang kakak2 alumni tercinta kami kak antika,kak tia,kak aulia,kak Hp mereka ini akhwat akhwat yang super tangguh..mereka rela ngorbanin waktu mereka untuk tetap hadir dalam acara Tafakkur alam..mereka tiba pukul 02.00 WIB ( malem bgt ya ) coba bayangkan para akhwat tangguh melewati gelap gulita nya malam di puncak hanya berempat??????? (serem yaahh ) hehe untungnya mereka sampai di villa dengan selamat  tidak kurang satu pun atau lebih hehe
Lanjut di hari kedua 23 juni 2012 kegiatan pun semakin padat…setelah shalat shubuh..tepat pukul 06.00 wib para peserta sarapan pagi kemudian senam pagi..setelah senam pagi kegiatan outbond pun di lakukan kegiatan outbond ini di bagi menjadi 6 pos outbond yang masing masing pos outbond dalam permainanya melatih kekompakan dan ikatan ukhuwah..pos pertama yaitu pos yang di sponsori oleh kak Muhammad syarif hidayat pos ini menggunakan Koran yang di bolongi bagian atas agar bisa di masukki oleh para peserta.setiap kelompok wajib memakai Koran yang akan di pasangkan di setiap kepala anggota kelompok yang akhirnya akan membentuk seperti seekor ulat dan mencari kertas asturo berwarna hijau yang terletak di tanah bagi yang kertas korannya robek akan di diskualifikasi inti dari outbond pos satu ini ialah kekompakan dan kerjasama team..
Lanjut menuju pos 2 yaitu pos tali temali(ikatan ukhuwah) yang di sponsori oleh sari murni handayani salah satu panitia yang super narsis tapi punya segudang ide kreatif..
Di pos ini di sedikan tali rapia yang diikat membentuk diameter tubuh..para peserta harus bisa melewati tali tersebut melalui tubuhnya dengan berjabat tangan dengan kelompok dan tangan tersebut tidak boleh terputus...
Setelah pos 2 lanjut lagi menuju pos 3 yaitu pos piramida di sponsori oleh kk kita yang super ikhwan kak Muhammad syarif hidayat..para peserta harus mengambil kartu kuning yang di gantung lumayan tinggi di atas tali cara mengambillnya tentu saja harus saling gendong gendongan karna cukup tinggi...
Lanjut lagi menuju pos 4 yaitu pos air sikal..para peserta di haruskan mengisi air ke dalam botol yang di sediakan dengan perantara gelas aqua plastic yg sudah di lubangi (nah loh gimana caranya) caranya mudah (sombong hehe) para peserta mengambil air dengan gelas aqua plastic yang sudah di bolongi dengan mengoper oper(bahasanya aneh hehe) ke peserta selanjutnya hingga menuju botol yg di sediakan..oia pos ini di sponsori oleh ketua rohis kita loh hibatul wafi...
Lanjut menuju pos 5 yaitu pos teribet istilahnya yaitu berhubungan dengan tali rapia lagi nih..pos ini di sponsori oleh kakak kita yang pintar banget kalau masalah urusan computer pserta tangannya di ikat dengan tali rapia di jadikan satu kelompok dan satu persatu harus bisa melepaskannya (inget OHR)
Naah selanjutnya pos terakhir nih yaitu pos 6 yang di sponsori oleh sari murni handayani..oia ada intermezo cerita sedikit nih tentang syuting..sewaktu syuting masalah outbond sari murni handayani dan hibatul wafi sempat berdebat lucu tentang outbond terakhir ini..wafi bilang ‘’gimana bisa sar,kolamnya kan kecil’’ sari: ‘’bisa donk,berfikirlah kan bisa di pinggir pinggirnya’’ nah loohh..hehe itu hanya intermezzo sedikit..yang menghibur suasana malam yang ngantuk tapi sepertinya hibatul wafi masih sempat kesal hehe..lanjut ke teknis outbond di pos 6 ini berhubungan dengan air..(basah basahan) segaaaarr pastinya nama permainannya jembatan siratul mustaqim (serem ya) jadi peserta (ikhwan ) harus menyebrangi kolam renang dengan menggunakan tali tambang yg pegangannya gak kuat pasti nyemplung deh hehe nah beda lagi dengan akhwatnya ,para akhwat adu tarik tambang dan di akhir panitia nantangin para alumni nih untuk tarik tambang juga dan akhirnya panitia yang menang ayeeeeyyy :D
Selesai outbond..waktunya ishoma..dan setelah sholat ashar kegiatan kembali berjalan padat lagi materi kedua ‘’jadikannlah al-qur’an sebagai pedoman’’ yang di bawakan oleh ust respatih apa gitu.. lupa namanya panjang bgt hehe dan malam harinya di isi oleh games di lapangan sekaligus mentoring…setelah itu waktu pun berlalu istirahat untuk persiapan hari terakhir pun dimulai…
Sekitar jam 02.00 Wib para peserta di bangunkan untuk qiyamul lail bersama dan muhasabah yang di pimpin oleh salah satu alumni kita pak sofyan..muhasabah beliau sangat menyentuh hati dan tidak sedikit dari peserta yang menangis..(sedih sekali)
Hari terakhir,24 juni 2012..setelah malamnya nangis nangisan paginya senang senang habis nangis terbitlah tawa hehe setelah shalat shubuh jamaah dan mendapat kultum dari bu yusnidar (akhwat ) pak ali al alawi (ikhwan) lanjut dengan sarapan pagi kemudian kami siap siap untuk pergi menuju curug 7 cilember..asiiiiiiikkkk bermain di air terjun perjalanan menuju terjun ternyata tidak jauh (Alhamdulillah )*tersenyum lebar :D curug 7 ini termasuk obyek wisata banyak yang berkemah di sana dan banyak juga yang berjualan..udara yg sejuk membuat kami melepas lelah akan kegiatan selama dua hari yang begitu padat..air yang jernih ikut menjernihkan pikiran bu yus,pak mijo,pak lukman,pak ali,bu hanifah serta bu meniek pun terlihat bercanda ria bersama para peserta dan alumni..sungguh tak akan terlupakan...
Selesai dari curug persiapan pulang segera di mulai semua di sibukkan dengan packing barang barang..dan antrian kamar mandi pun penuh..oia selama 2 hari 2 malam di villa ternyata kami kekurangan air loooh (sedih deh) tapi itu semua terasa ringan bila di rasakan bersama sama…penutupan oleh pak ali al alawi dan pembagian dorprise.perjalanan pulang pukul 13.00 dan tiba di sekolah 16.30...
Itulah perjalanan cinta kami para sang murabbi muda..semoga apa yang kami lakukan ini mendapatkan Ridha dariMU..dan kami berharap rohis yang akan datang akan semakin lebih baik dan dapat melahirkan para murabbi yang berjiwa tangguh..YANG MUDA YANG BERPRESTASI..:D


Syukron jazakallah.
Wassalamualaikum…
Panitia Tafakkur Alam..



Jumat, 25 Mei 2012

TAFAKUR ALAM 2012

PROPOSAL TA 2012.pdf - 4shared.com - berbagi-pakai dokumen - unduh
Assalamualikum wr wb..insyaAllah tgl 22-24 juni 2012 Rohis sman23 mengadakan Tafakkur alam yang bertempat di villa kartika cilember bogor..untuk itu afwan kakak2 alumni kami mohon bantuan baik partisipasi fisik maupun dananya agar kegiatan ini berjalan dengan baik syukron jazakallah..











info lebih lanjut/cp iis herawati :083896527817(akhwat)/muhammad yasser 089637469038(ikhwan)

PAMFLET TAFAKUR ALAM 2012

pamflet Tafakkur Alam.jpg - 4shared.com - berbagi-pakai foto - unduh gambar

Assalamualaikum sahabat fillah..
InsyaAllah tgl 22-24 juni 2012 Rohis SMAN 23 jakarta akan mengadakan agenda akbar yg setiap tahunnya di laksanakan "Tafakkur Alam"dengan tema DENGAN IMAN KITA LIHAT,DENGAN TAQWA KITA JAGA DENGAN ALLAH KITA HIDUP yg insyaAllah akan di adakan di villa kartika cilember/Bogor....
HTM :RP 100.000,-/Siswa
Cp:iis herawati xi ipa 1 083896527817
muhammad yasser xi ipa 1 089637469038
email :rohissman23@yahoo.co.id
Nb:afwan kami selaku panitia mohon bantuan partisipasi fisik maupun dana bisa di kirim melalu no rek :117.00.0604623.9 atas nama SRI NURUL HARDIANI MANDIRI UNIT MANDALA UTARA 11733 syukron jazakallah :)

Jumat, 20 April 2012

Info Sekolah Kedinasan

Info Perguruan Tinggi Kedinasan yg mungkin bermanfaat buat kita sendiri, temen, atau sodara yang ingin kuliah tapi gak pengen membebani biaya kuliah kepada orang tua. Selain itu, begitu tamat kuliah, langsung ditempatkan di Kementerian/Lembaga RI yg terkait:

1. STIS – di bawah Badan Pusat Statistik (dapat uang saku per bulannya Rp. 850.000), pendaftaran online (4 april s.d. 20 Mei 2011 di www.stis.ac.id). Lokasi kuliah Jakarta

2. AKAMIGAS-STEM – Akademi Minyak dan Gas Bumi di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI. Lokasi kuliah Cepu, Jawa Tengah (Kawasan Rig dan pengeboran minyak) – Info bisa dilihat di www.akamigas-stem.esdm.go.id

3. MMTC – Sekolah Tinggi Multi Media Training Center di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo), pendaftaran online (di www.mmtc.ac.id). Lokasi kuliah di Yogyakarta

4. STSN – Sekolah Tinggi Sandi Negara – di bawah Lembaga sandi Negara, pendaftaran online diwww.stsn-nci.ac.id Lokasi kuliah di Bogor

5. STKS – Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial di bawah Kementerian Sosial RI. Pendaftaran offline di Kemenkes RI, Bandung, Yogyakarta, Padang, Banjarmasin, Makassar, Jayapura, Palu. Info diwww.stks.ac.I'd

6. STPN – Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional di bawah Badan Pertanahan Nasional RI. Pendaftaran online di www.stpn.ac.id Lokasi kuliah Yogyakarta

7. IPDN – Institut Pemerintahan Dalam Negeri di bawah Kementerian Dalam Negeri RI. Pendaftaran offline di Bagian Kepegawaian Daerah Kabupaten/ Kota seluruh Indonesia. Lokasi kuliah Jakarta, Pekanbaru, Manado, Bukittinggi, Makassar.

8. AKIP – Akademi Ilmu Permasyarakatan di bawah Kementerian Hukum dan HAM. Pendaftaran online di www.depkumham.go.id atau www.ecpns-kemenkumham.go.id Lokasi kuliah di Depok.

9. STTT – Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil di bawah Kementerian Perindustrian RI bekerja sama dengan Pemerintah Jerman. Pendaftaran offline langsung ke kampus STTT.

Kamis, 29 Maret 2012

Hasil survey TA 2012














Kamis, 09 Februari 2012

NILAI PERSAHABATAN


Suatu hari, Nabiyullah Isa AS melakukan perjalanan dengan seorang temannya. Mereka hanya berbekal tiga potong roti. Ketika sampai di suatu tempat, mereka berdua beristirahat.
"Bawa roti itu kemari," kata Nabi Isa AS kepada temannya.
Lelaki itu memberikan dua potong roti.
"Mana yang sepotong lagi?" tanya nabi Isa.
"Aku tidak tahu."

Setelah masing-masing makan sepotong roti, keduanya kembali melanjutkan perjalanan hingga sampai ke tepi laut. Nabiyullah Isa menggelar sajadahnya di atas laut, mereka berdua lalu berlayar ke seberang.

"Demi Allah yang telah memperlihatkan mukjizat ini kepadamu, siapakah yang telah makan sepotong roti itu?" tanya Nabi Isa kepada temannya."Aku tidak tahu."

Mereka kemudian melanjutkan perjalanan. Di tengah jalan mereka melihat seekor kijang. Setelah dipanggil, kijang itu pun datang menghampiri beliau. Beliau lalu menyembelih, memanggang dan memakannya. Sehabis makan, Nabi Isa berkata kepada tulang-tulang kijang, "Berkumpullah kamu." Tulang-tulang itu pun berkumpul. Beliau lalu berkata, "Dengan izin Allah, jadilah kalian seperti semula." Tulang-tulang itu segera bangkit dan berubah menjadi kijang."Demi Allah yang telah memperlihatkan mukjizat ini kepadamu, siapakah yang telah makan sepotong roti itu?" tanya Nabi Isa AS."Aku tidak tahu," jawab temannya.

Nabiyullah Isa bersama temannya kembali melanjutkan perjalanan hingga sampai pada sebuah tempat. Mereka duduk beristirahat. Nabiyullah Isa memungut tiga bongkahan batu.
"Dengan izin Allah, jadilah emas," kata Nabi Isa AS.
Batu itu pun segera berubah menjadi emas.
"Ini untukku, yang ini untukmu dan yang satu lagi untuk orang yang telah makan sepotong roti itu," kata Nabiyullah Isa:
"Akulah yang telah makan roti itu," kata temannya.
"Ambillah semua emas ini, aku tak mau berteman dengan pendusta," kata beliau sambil meninggalkan temannya.

Lelaki tadi lalu duduk di dekat emasnya. Ia tidak mampu membawa ketiga-tiganya, tetapi juga tidak rela meninggalkan sebagian darinya. Ketika ia sedang memikirkan cara membawa ketiga bongkahan emas itu, datanglah dua orang lelaki. Melihat keindahan emas itu, timbul keinginan di hati kedua orang itu untuk memilikinya.
"Kalian tidak pantas mengambil milikku dan kalian sama sekali tidak akan mendapatkan bagian," kata pemilik emas.

Melihat mereka berdua hendak membunuhnya, ia segera berkata, "Emas ini kita bagi saja, satu untukku dan sisanya untuk kalian berdua."Mereka pun rela dengan pembagian itu.

"Ambillah secuil dari bongkahan emas ini, pergilah beli makanan," kata pendatang kepada pemilik emas.
Setelah mengambil secuil emas, ia lalu pergi membeli makanan untuk mereka bertiga.

"Untuk apa aku membagi emas itu dengan mereka berdua, emas itu kan milikku," pikir si pemilik emas. Timbullah niat untuk meracuni makanan.

"Jika mereka berdua mati, emas itu akan jatuh ke tanganku lagi," pikir si pemilik emas.
Ia lalu membeli racun yang paling ganas, siapa pun yang memakannya pasti akan mati seketika. Racun itu lalu ia taburkan di atas makanan mereka.

Kedua pendatang tadi juga mempunyai rencana, "Mengapa kita harus memberi dia. Jika telah kembali, kita bunuh saja dia. Emas itu semua akan menjadi menjadi milik kita berdua."

Mereka berdua kemudian membunuh si pemilik emas. Dan dengan perasaan senang karena mendapat emas lebih banyak, kedua lelaki itu kemudian menyantap dengan lahap makanan yang baru saja dibeli.
Beberapa tahun kemudian Nabi Isa bersama kaumnya melewati tempat itu. Mereka melihat tiga bongkahan emas dan tiga kerangka manusia.

"Lihatlah bagaimana dunia memperlakukan mereka," kata Nabi Isa AS kepada kaumnya.

Beliau kemudian berdiri di depan emas dan berkata, "Jadilah seperti asalmu." Emas itu pun kembali menjadi batu. 


By: Khairun Rizki (www.rohis.org)

Rabu, 08 Februari 2012

Bidik Misi ITB


KETENTUAN ITB PADA PELAKSANAAN SNMPTN 2012 – JALUR UNDANGAN
Untuk tahun akademik 2012/2013, calon-calon mahasiswa yang secara akademik berpotensi tinggi dan akan mendapatkan ijazah Sekolah Lanjutan Tingkat Atas pada tahun 2012 (tahun ijazah 2012) diundang untuk menempuh studi di Institut Teknologi Bandung melalui SNMPTN 2012 – Jalur Undangan. Ketentuan umum keikutsertaan pada SNMPTN 2012 – Jalur Undangan dapat diperoleh di laman resmi panitia SNMPTN 2012 (http://undangan.snmptn.ac.id/). Calon mahasiswa dapat memilih fakultas/sekolah yang dikelompokkan berdasarkan latar belakang materi belajar calon mahasiswa sebagai berikut:
A.    Calon mahasiswa yang berasal dari SMA IPA dapat memilih fakultas/sekolah berikut :
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), terdiri atas program studi :
    • Matematika
    • Fisika
    • Astronomi
    • Kimia
  • Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH), terdiri atas program studi :
    • Biologi
    • Mikrobiologi
    • Rekayasa Hayati
    • Rekayasa Pertanian
    • Rekayasa Kehutanan
  • Sekolah Farmasi (SF), terdiri atas program studi :
    • Sains dan Teknologi Farmasi
    • Farmasi Klinik dan Komunitas
  • Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB), terdiri atas program studi :
    • Teknik Geologi
    • Teknik Geodesi dan Geomatika
    • Meteorologi
    • Oseanografi
  • Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM), terdiri atas program studi :
    • Teknik Pertambangan
    • Teknik Perminyakan
    • Teknik Geofisika
    • Teknik Metalurgi
  • Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), terdiri atas program studi :
    • Teknik Elektro
    • Teknik Tenaga Listrik
    • Teknik Telekomunikasi
    • Sistem dan Teknologi Informasi
    • Teknik Informatika
  • Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL), terdiri atas program studi :
    • Teknik Sipil
    • Teknik Lingkungan
    • Teknik Kelautan
  • Fakultas Teknologi Industri (FTI), terdiri atas program studi :
    • Teknik Kimia
    • Teknik Fisika
    • Teknik Industri
    • Manajemen Rekayasa Industri
  • Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD), terdiri atas program studi :
    • Teknik Mesin
    • Aeronotika dan Astronotika
    • Teknik Material
  • Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK), terdiri atas program studi :
    • Arsitektur
    • Perencanaan Wilayah dan Kota
B.    Calon mahasiswa yang berasal dari SMA IPA atau SMA IPS dapat memilih :
  • Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM), terdiri atas program studi :
    • Manajemen
C.    Calon mahasiswa yang berasal dari SMA IPA, SMA IPS, atau SMK dapat memilih :
  • Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), terdiri atas program studi :
    • Seni Rupa
    • Kria
    • Desain Interior
    • Desain Komunikasi Visual
    • Desain Produk
Saat ini, ITB memiliki 2 lokasi kampus, yaitu di Bandung (jl. Ganesa no. 10 Bandung) dan Jatinangor (jl. Winaya Mukti no. 1 Jatinangor). Kedua kampus ini telah siap untuk mendukung kegiatan perkuliahan para mahasiswa ITB.
Hingga saat ini, sebagian besar mahasiswa ITB masih melaksanakan kegiatan perkuliahan di Kampus ITB Ganesa. Namun demikian, karena keberadaan fasilitas pendukung untuk program studi Rekayasa Hayati, Rekayasa Pertanian dan Rekayasa Kehutanan lebih banyak berada di Kampus ITB Jatinangor, maka pada tahun kedua, mahasiswa yang mengambil program studi Rekayasa Hayati, Rekayasa Pertanian dan Rekayasa Kehutanan akan melakukan aktivitas perkuliahan di Kampus ITB Jatinangor.

Persyaratan akademik yang harus dipenuhi calon mahasiswa yang berminat untuk melanjutkan pendidikannya di ITB meliputi hal-hal berikut:
  • Persyaratan tidak buta warna total maupun parsial, untuk Fakultas/Sekolah/Program Studi berikut :
Fakultas/Sekolah/Program Studi
Persyaratan
Keterangan
SITH
Tidak boleh buta warna total dan parsial

SF
Tidak boleh buta warna total dan parsial

FITB
Tidak boleh buta warna total

FTTM
Tidak boleh buta warna total dan parsial

FSRD
Tidak boleh buta warna total dan parsial

Kimia – FMIPA
Tidak boleh buta warna total dan parsial
Pada saat Penjurusan di ITB
Teknik Lingkungan – FTSL
Tidak boleh buta warna total dan parsial
Pada saat Penjurusan di ITB
Teknik Kimia - FTI
Tidak boleh buta warna total dan parsial
Pada saat Penjurusan di ITB
  • Bagi peserta seleksi yang dinyatakan lulus, wajib mengikuti kegiatan Program Pengembangan Karakter secara penuh, pada bulan Juni dan Juli 2012.
  • Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus diminta hadir sendiri (tidak dapat diwakilkan) untuk melaksanakan Pendaftaran Program Pengembangan Karakter, pada tanggal 12 – 13 Juni 2012. Calon mahasiswa yang tidak hadir pada waktu tersebut, dianggap membatalkan kelulusannya di ITB dari SNMPTN 2012 – Jalur Undangan.
  • Kegiatan Program Pengembangan Karakter bagi peserta SNMPTN 2012 - Jalur Undangan, akan dimulai sejak pelaksanaan pendaftaran peserta, dengan jadwal yang akan diinformasikan kemudian.
  • Program Pengembangan Karakter akan berisi kegiatan yang berfungsi sebagai sarana Adaptasi, Pemetaan Potensi, Pembekalan Calon Mahasiswa, Pembinaan Karakter, Pengenalan Lingkungan Kampus, dan Penyetaraan Kemampuan Akademik bagi calon mahasiswa sebelum memulai kegiatan perkuliahan di ITB.
  • Calon peserta SNMPTN 2012 - Jalur Undangan yang sejak awal hanya berminat untuk memilih Program Studi Astronomi (FMIPA), Rekayasa Pertanian (SITH), Rekayasa Kehutanan (SITH), Meteorologi (FITB), dan/atau Oseanografi (FITB), akan dipertimbangkan untuk diterima langsung di program studi yang diminatinya, bila memenuhi kualifikasi akademik yang disyaratkan ITB. Untuk itu pemohon harus menyerahkan Formulir Pilihan Program Studi ITB paling lambat hari Jumat, 16 Maret 2012, pukul 15.30 WIB. Formulir yang telah diisi lengkap dikirimkan melalui kantor pos, faksimili, e-mail, atau diserahkan sendiri ke alamat:
Loket Direktorat Pendidikan ITB
Gd. CCAR ITB lt. 1, Jl. Tamansari no. 64 Bandung 40116
Telp./Fax. : 022-2508519
E-mail: usmitb@pusat.itb.ac.id

Ketentuan Pembiayaan
Sebagaimana dimaklumi, penyelenggaraan program pendidikan memerlukan pembiayaan yang memadai. ITB berkewajiban untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas tinggi dalam bidang studinya masing-masing, oleh karena itu diperlukan sumberdaya dan proses pembelajaran yang juga berkualitas tinggi. Satuan pembiayaan (unit cost) menjadi dasar perhitungan pembiayaan penyelenggaraan program pendidikan. Berdasarkan perhitungan, satuan pembiayaan pendidikan di ITB rata-rata Rp 27 juta/mahasiswa/tahun. Artinya bila seorang mahasiswa lulus tepat waktu (4 tahun) diperlukan biaya sebesar Rp 108 juta per mahasiswa. Berikut ini adalah ketentuan pembiayaan yang perlu diperhatikan:
  • Biaya penyelenggaraan pendidikan terdiri atas komponen Biaya Penyelenggaraan Pendidikan yang dibayar di Muka (BPPM) yang di bayar sekali pada saat pendaftaran sebagai mahasiswa baru dan komponen Biaya Penyelenggaraan Pendidikan per Semester (BPPS) yang dibayar pada setiap awal semester.
  • Untuk tahun 2012 BPPM ditetapkan Rp. 55.000.000,- per mahasiswa dan BPPS Rp. 5.000.000,- per mahasiswa per semester. Khusus untuk calon mahasiswa yang diterima di SBM, BPPM ditetapkan Rp. 80.000.000,- dan biaya SKS sebesar Rp. 750.000,- per SKS atau BPPS nominal sebesar Rp. 750.000,- per SKS x 18 SKS = Rp. 13.500.000,-
  • Khusus bagi calon mahasiswa yang mencantumkan SBM sebagai salah satu pilihannya tetap dikenai BPPM minimum sebesar Rp. 80.000.000,- walaupun diterima di Fakultas/Sekolah non SBM (kecuali bagi penerima Bidikmisi).
  • Orang tua yang memerlukan bantuan untuk pembiayaan putra/putrinya/penanggung jawab pembiayaan calon mahasiswa yang diterima di fakultas/sekolah bukan SBM dapat mengajukan permohonan subsidi untuk pembayaran BPPM yang akan ditentukan ITB berdasarkan verifikasi bukti-bukti dokumen yang menunjukkan kemampuan ekonomi orang tua. Besarnya subsidi akan bervariasi: 20%, 40%, 60%, 80%, bahkan 100%.
  • Subsidi 100% baik BPPM maupun BPPS dalam bentuk Beasiswa Bidikmisi, diberikan kepada mahasiswa baru yang berasal dari keluarga golongan ekonomi lemah dengan penghasilan keluarga yang tidak memungkinkan membiayai studi anggota keluarganya di perguruan tinggi, ditawarkan di seluruh fakultas/sekolah, termasuk SBM.
  • Semua calon mahasiswa yang mendaftar pada SNMPTN 2012 – Jalur Undangan harus mengisi dan menyerahkan Formulir Kesediaan Pembayaran BPPM ITB 2012 yang di dalamnya termasuk permohonan subsidi, paling lambat pada hari Jumat, 16 Maret 2012, pukul 15.30 WIB. Formulir Kesediaan Pembayaran BPPM ITB 2012 yang telah diisi lengkap dikirimkan melalui kantor pos/faksimili/e-mail atau diserahkan sendiri ke alamat :
Loket Direktorat Pendidikan ITB
Gd. CCAR ITB lt. 1, Jl. Tamansari no. 64 Bandung 40116
Telp./Fax. : 022-2508519
E-mail: usmitb@pusat.itb.ac.id
  • Calon mahasiswa yang tidak menyerahkan Formulir Kesediaan Pembayaran BPPM ITB 2012 ke ITB hingga batas waktu yang ditetapkan, akan dikenai BPPM sebesar Rp. 55.000.000,- (non SBM) atau Rp. 80.000.000,- (SBM) bila diterima di ITB.
  • Di samping BPPM dan BPPS, calon mahasiswa yang diterima melalui SNMPTN 2012 - Jalur Undangan, akan diwajibkan untuk membayar biaya pelaksanaan Program Pengembangan Karakter yang besarnya akan ditentukan kemudian. Calon mahasiswa peserta SNMPTN 2012 - Jalur Undangan yang merupakan penerima Beasiswa Bidikmisi, akan dibebaskan dari kewajiban membayar biaya pelaksanaan Program Pengembangan Karakter.

Beasiswa Bidikmisi
Ketentuan yang berlaku bagi peminat Beasiswa Bidikmisi pada pelaksanaan SNMPTN 2012 - Jalur Undangan di ITB adalah sebagai berikut :
  • Calon peserta Bidikmisi terlebih dahulu harus mendaftar ke laman http://bidikmisi.dikti.go.id. Peserta yang dinyatakan memenuhi persyaratan akan memperoleh Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan PIN.
  • Apabila calon peserta Bidikmisi direkomendasikan oleh Kepala Sekolah untuk mengikuti SNMPTN - Jalur Undangan, maka PIN digunakan sebagai pengganti pembayaran biaya pendaftaran.
  • Siswa yang memperoleh KAP dan PIN dapat mendaftar/mengisi biodata melalui laman http://undangan.snmptn.ac.id.
  • Siswa peminat Bidikmisi yang telah mendaftarkan diri di laman http://undangan.snmptn.ac.id harus mengisi dan menyerahkan Formulir Kesediaan Pembayaran BPPM ITB 2012 yang di dalamnya termasuk permohonan subsidi, paling lambat pada hari Jumat, 16 Maret 2012, pukul 15.30 WIB. Formulir Kesediaan Pembayaran BPPM ITB 2012 yang telah diisi lengkap dikirimkan melalui kantor pos/faksimili/e-mail atau diserahkan sendiri ke alamat :
Loket Direktorat Pendidikan ITB
Gd. CCAR ITB lt. 1, Jl. Tamansari no. 64 Bandung 40116
Telp./Fax. : 022-2508519
E-mail: usmitb@pusat.itb.ac.id
  • Apabila calon peserta Bidikmisi tidak memenuhi persyaratan seleksi Jalur Undangan atau dinyatakan tidak diterima melalui seleksi Jalur Undangan, maka KAP dan PIN dapat digunakan lagi untuk mendaftar SNMPTN Jalur Ujian Tertulis tanpa harus membayar biaya ujian.
  • Apabila calon peserta Bidikmisi telah dinyatakan lulus melalui seleksi Jalur Undangan dan berkeinginan untuk mendaftar SNMPTN Jalur Ujian Tertulis, maka PIN yang telah diperoleh dinyatakan tidak berlaku dan yang bersangkutan harus membayar biaya ujian dengan menggunakan KAP yang telah diperoleh sebelumnya.

Program Kemitraan Nusantara ITB
Sesuai dengan keputusan Jajaran Pimpinan Institut Teknologi Bandung, pada tahun 2012, ITB hanya menerima mahasiswa baru program sarjana melalui kegiatan SNMPTN 2012, baik melalui SNMPTN 2012 – Jalur Undangan maupun SNMPTN 2012 – Jalur Ujian Tertulis. Seleksi penerimaan mahasiswa baru tersebut dilaksakan secara nasional, oleh suatu panitia terpusat yang diberi mandat oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI).
Sehubungan dengan hal tersebut di atas mulai tahun 2012, ITB meniadakan program seleksi dan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Kemitraan Nusantara ITB (KN-ITB). Bagi calon mahasiswa yang berasal dari Perusahaan/Instansi/Pemerintah Daerah yang berminat untuk melanjutkan pendidikannya di ITB, dipersilakan untuk mengikuti SNMPTN 2012.

Alamat Kontak
Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi laman resmi Penerimaan Mahasiswa Baru ITB 2012 (http://snmptn.itb.ac.id/) atau alamat berikut :
Direktorat Pendidikan ITB
Gd. CCAR ITB lt. 4, Jl. Tamansari no. 64 Bandung 40116
Telp./Fax. : 022-2508519
E-mail: usmitb@pusat.itb.ac.id

Beasiswa PPSDMS Nurul Fikri 2012-2014


REKRUTMEN DAN SELEKSI BEASISWA 
PROGRAM PEMBINAAN SUMBER DAYA MANUSIA STRATEGIS (PPSDMS) NURUL FIKRI
ANGKATAN VI (2012-2014)

Sekilas Program Pembinaan Sumber Daya Manusia Strategis (PPSDMS) Nurul Fikri  
Selama 10 tahun PPSDMS telah berdiri sebagai lembaga pemberi beasiswa sekaligus pembinaan bagi mahasiswa berprestasi. PPSDMS adalah institusi non-profit, non-partisan, relijius, terbuka dan kebersamaan, yang memiliki visi: “melahirkan pemimpin-pemimpin masa depan yang memiliki pemahaman Islam yang komprehensif, integritas dan kredibilitas yang tinggi, berkepribadian matang, moderat, serta peduli terhadap kehidupan bangsa dan Negara.”
PPSDMS saat ini tengah membina angkatan yang ke V terdiri dari 190 mahasiswa terpilih di 7 PTN di 5 kota, yaitu Universitas Indonesia (Jakarta), Institut Teknologi Bandung dan Universitas Padjadjaran (Bandung), Universitas Gadjahmada (Yogyakarta), Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan Universitas Airlangga (Surabaya), serta Institut Pertanian Bogor (Bogor).
Sebanyak 396 alumni PPSDMS sejak angkatan I (2002-2004) telah tersebar di berbagai institusi publik, swasta dan NGO, dan banyak di antaranya yang sedang melanjutkan studi S2 dan S3 di dalam dan luar negeri.
Syarat Pendaftar
  • Muslim, belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama menjadi peserta PPSDMS.
  • Laki-laki dan perempuan. Khusus untuk perempuan saat ini baru tersedia di Regional 1 Jakarta dan Regional 3 Yogyakarta.
  • Warga negara Republik Indonesia.
  • Berkelakuan baik, tidak pernah tersangkut perkara pidana dan kasus narkoba.
    Mahasiswa S1 angkatan 2010 dan 2011 dari Universitas Indonesia/UI, Institut Teknologi Bandung/ITB, Universitas Padjadjaran/UNPAD, Universitas Gadjah Mada/UGM, Institut Teknologi Sepuluh Nopember/ITS, Universitas Airlangga/UNAIR (kecuali MIPA), dan Institut Pertanian Bogor/IPB.
  • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya 2,80 dan Indeks Prestasi Semester (IPS) sekurang-kurangnya 2,75 sejak awal kuliah.
  • Bersedia mengikuti program pembinaan selama dua tahun (tahun pertama diasramakan) mulai 1 Agustus 2012 s.d. 31 Juli 2014 dan tunduk pada ketentuan yang berlaku di PPSDMS.
  • Berperilaku sehari-hari yang sesuai dengan akhlak Islami serta moral dan etika masyarakat.
Komponen Beasiswa
  • Uang saku Rp. 500.000,- per bulan selama 2 tahun pembinaan
  • Fasilitas asrama (tahun pertama) meliputi: kamar, tempat tidur, ruang belajar, perpustakaan, komputer, internet, printer, dsb.
  • Pembinaan Peserta tahun pertama (berasarama) meliputi: National Leadership Camp (NLC), Latihan Gabungan, Kajian Islam Kontemporer, Training Pengembangan Diri, Training Jurnalistik, Studi Pustaka, Dialog Tokoh, Diskusi Paska Kampus, Beladiri, dsb.
  • Pembinaan Peserta tahun kedua (tanpa asrama) meliputi: Kajian Islam Pekanan, Latihan Gabungan, Leadership Project dan Training Bahasa Inggris, dll.
Tahapan
  1. Rekrutmen PPSDMS Angkatan VI terdiri dari 3 tahap dengan tahap 1 terbagi menjadi 2 gelombang.
  2. Jadwal lengkap:
Tahapan Seleksi PPSDMS Angkatan VI
Tahapan Seleksi PPSDMS Angkatan VI
Jumlah Peserta yang diterima
  • Regional 1 Jakarta: 30 orang Mahasiswa dan 30 orang Mahasiswi UI
  • Regional 2 Bandung: 35 orang Mahasiswa ITB dan UNPAD
  • Regional 3 Yogyakarta: 30 orang Mahasiswa dan 30 orang Mahasiswi UGM
  • Regional 4 Surabaya: 35 orang Mahasiswa ITS dan UNAIR
  • Regional 5 Bogor: 30 orang Mahasiswa IPB
Berkas penting untuk pendaftaran
Alur pendaftaran
  1. Daftarkan akun Anda di halaman registrasi. Gunakan email yang valid dan aktif saat melakukan registrasi.
  2. Aktifkan username melalui link yang diberikan melalui email yang didaftarkan
  3. Login dengan username dan password yang telah dibuat
  4. Isi biodata pribadi Anda
  5. Unduh Formulir Pendaftaran dan dan Form Surat Rekomendasi
  6. Unggah Formulir Pendaftaran yang telah diisi dengan lengkap dan benar melalui link yang disediakan (ukuran maksimum file adalah 2 MB dan dalam format .doc).
  7. Kirimkan berkas pendaftaran meliputi:
    1. Formulir Pendaftaran lengkap dengan foto berwarna
    2. Curriculum Vitae (CV) terbaru
    3. Surat Rekomendasi
    4. Sertifikat Penghargaan/Organisasi/Kepanitiaan
    5. Transkrip terbaru
    Berkas dikirimkan paling lambat 24 Februari 2012 (Gelombang I) atau 30 Maret 2012 (Gelombang II) ke (salah satu):
    • Kantor Pusat PPSDMS
    • Asrama Regional PPSDMS
    • Peserta PPSDMS Angkatan V
  8. Konfirmasi berkas yang sudah dikirim via SMS kepada Supervisor Utama masing-masing Regional dengan Format:
    <Nama Lengkap><spasi><PTN><spasi><fakultas><spasi><angkatan>telah mengirimkan berkas pendaftaran PPSDMS pada<tanggal/bulan>via<pilih:Pos ke: …./antarlangsung ke …../peserta PPSDMS nama:………>
    Contoh:
    • Adi Wahyu Adji UI FMIPA 2010 telah mengirim berkas pendaftaran PPSDMS pada 24/2 via Pos ke Kantor Pusat PPSDMS
    • Adi Wahyu Adji UI FMIPA 2010 telah mengirim berkas pendaftaran PPSDMS pada 24/2 via antar langsung ke Asrama Regional 2 Bandung
    • Adi Wahyu Adji UI FMIPA 2010 telah mengirim berkas pendaftaran PPSDMS pada 24/2  via peserta PPSDMS nama: Supriatna
Kontak Supervisor bisa dilihat di halaman Kontak.

sumber: http://pendaftaranppsdms.org/

Seleksi Nasional Beastudi Etos 2012

 

Followers

Blogger Tricks