Sabtu, 08 Januari 2011

Jaulah FIKRA 23 Ke KALAM 28

(Versi Kalam 28)
Sabtu, 25 Desember 2010, KALAM 28 kedatangan tamu dari jauh, yaitu FIKRA 23 yang merupakan forum alumni ROHIS SMAN 23 Jakarta. Para alumni yang sekolahnya terletak di daerah Tomang, Jakarta Barat ini bermaksud datang untuk menyambung silaturahim sekaligus melakukan studi banding mengenai manajemen organisasi dan sistem kaderisasi KALAM dan ROHIS 28.

Sekadar informasi, kegiatan jaulah ini merupakan salah satu program kerja dari Departemen Hubungan Luar (Hublu) yang diketuai oleh Amin Ilyas (2005) dengan didukung pengurus KALAM 28 lainnya.
Awalnya, FIKRA 23 berencana jaulah ke KALAM beserta ROHIS 28, namun dikarenakan ada kegiatan E-Gen bagi siswa 28 maka jaulah diadakan dengan hanya mempertemukan para pengurus kedua forum alumni tersebut. Hal tersebut tidak mengurungkan niat FIKRA 23 untuk bersilaturahim ke Pasar Minggu. Bahkan mereka masih berencana untuk bertemu dengan teman-teman ROHIS 28 di lain kesempatan.

Jaulah yang rencananya dimulai pukul 10.00 ternyata harus mundur 1 jam dari jadwal karena kendala teknis dari pihak tuan rumah. Acara ini dilaksanakan di ruang kelas SMPIT As-Salaam  atas pertimbangan kondisi di lapangan. Pengurus KALAM yang hadir saat itu berjumlah 4 orang, yaitu Amin (Hublu), Fikar (PPSDS), Nesti (Pendidikan), dan Ulfah (Humas), sedangkan dari FIKRA berjumlah 9 orang (5 ikhwan, 4 akhwat).

Acara dibuka dan dimoderatori oleh Amin selaku penanggung jawab. Mulai pembukaan sampai zhuhur diisi dengan perkenalan struktur dan program kerja departemen-departemen KALAM (exp. Hublu dan PPSDS). Tidak lupa sebelumnya pihak FIKRA memperkenalkan para pengurusnya yang hadir dan maksud kedatangan mereka.

Ba’da sholat zhuhur dilanjutkan dengan acara inti jaulah, yaitu sharing. Sharing dimulai dengan penjabaran kondisi dakwah di SMAN 23 dan kondisi sumber daya alumni di FIKRA. 28 patut bersyukur mempunyai alumni seperti Bang Oho (1992) yang telah menulis buku Panduan Dakwah Sekolah. Berawal dari buku tersebut FIKRA termotivasi untuk mengembangkan manajemen organisasi dan sistem kaderisasi di SMAN 23 agar dakwah di sekolah mereka bisa berjalan dengan baik.

Hujan yang turun di luar cukup mengademkan hawa udara yang tadinya panas. Acara dilanjutkan dengan tanya jawab dari FIKRA kepada KALAM. Tema utama yang ditanyakan berpusat pada sistem kaderisasi di sekolah, alumni, dan keputrian serta bagaimana mensolidkan para alumni yang tersebar. Lagi-lagi 28 patut bersyukur dengan para alumni yang mempunyai kesempatan mengecap bangku kuliah di perguruan tinggi negeri. Karena ilmu dan pengalaman dakwah kampus menjadi bekal yang kemudian dikembangkan di dakwah sekolah. Sehingga KALAM yang dirintis oleh para alumni angkatan ‘90an bisa tetap berjalan sampai sekarang seiring dinamika dakwah SMAN 28.

Secara keseluruhan acara jaulah ini berjalan dengan lancar. Saran-saran yang terlontar selama acara menjadi masukan untuk FIKRA sekaligus KALAM itu sendiri. Jaulah berakhir pada pukul 14.30. Kemudian sebagai kenang-kenangan FIKRA memberikan souvenir kepada KALAM dan tidak lupa ada sesi dokumentasinya juga. Semoga dengan adanya jaulah ini telah menyambung silaturahim antara 28 dan 23. (Uhs/hMs)

0 Responses to “Jaulah FIKRA 23 Ke KALAM 28”

Posting Komentar

 

Followers

Blogger Tricks

free counters